kaligrafi aksara jawa bentuk bunga eni purwati

Kaligrafi Indah Aksara Daerah

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata kaligrafi?

Kata kaligrafi (berasal dari bahasa Yunani; καλλι “keindahan” + γραφος “menulis”) adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini.

Meskipun kaligrafi dalam tulisan arab lebih dikenal, tetapi banyak pula penerapan aplikasi ke dalam tulisan lain. Salah satu penerapannya yaitu kaligrafi aksara daerah. Terdapat banyak Aksara Daerah di Indonesia yang bisa dicek di situs Aksara di Nusantara. Kaligrafi aksara daerah tidak kalah indah dengan kaligrafi aksara lain yang ada di dunia, misal huruf latin dan hijaiyah.

Berikut kami sajikan beberapa contoh kaligrafi aksara daerah yang diambil dari berbagai sumber.

1. Kaligrafi Aksara Jawa

kaligrafi aksara jawa
sumber: Koas Kaos Jawi

Kaligrafi piktorial di atas mengambil bentuk burung phoenix. Kalimat yang digunakan pada gambar tersebut adalah “urip ira neng donya ora suwe”. Artinya bahwa hidupmu di dunia ini tidaklah lama. Dalam pepatah jawa, kesementaraan hidup manusia digambarkan pepatah “urip kuwi mung mampir ngombe”.

2. Kaligrafi Aksara Bali

kaligrafi aksara bali
oleh : Luh Nyoman Pande Happy Lestari (coffee-philosophy.blogspot.com)

Kalimat yang digunakan pada karya Luh Nyoman Pande Happy Lestari di atas adalah Om awighnamastu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *