Kaligrafi Aksara Jawa Cedhak tanpa Senggolan

Contoh Kaligrafi Aksara Jawa dan Artinya

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh kaligrafi Aksara Jawa beserta artinya. Kaligrafi Aksara Jawa yang ditampilkan dalam laman ini adalah karya saya sendiri, bukan hasil dari karya orang lain.

1. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Petruk

contoh gambar kaligrafi aksara jawa petrukKaligrafi Aksara Jawa bergambar Petruk di atas berbunyi “gemi nastiti ngati-ati” yang berarti “hemat cermat dan berhati-hati”.

2. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Burung

gambar kaligrafi phoenix

Kaligrafi di atas bertuliskan “cedhak tanpa senggolan” yang artinya “dekat namun tidak bersentuhan”. Kalimat yang lebih lengkap adalah “cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan”. Kalimat tersebut menggambarkan keberadaan Tuhan. Bagi masyarakat Jawa, digambarkan bahwa Tuhan itu sangat dekat namun tidak menyatu dengan manusia tetapi juga jauh di luar akal manusia. Tulisan Aksara Jawa di sebelah samping menggunakan font Banghil karya Mas Aditya Bayu Perdana.

3. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Wayang Srikandi

kaligrafi aksara jawa

Kaligrafi dengan bentuk wayang Srikandi di atas mengutip dari tembang lela ledhung yang berbunyi “dadiya wanita utama, dadiya satriyaning bangsa”. Kalimat tersebut mempunyai arti “jadilah wanita utama, jadilah pendekar bangsa”.

4. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Tokoh Punakawan “Gareng”

kaligrafi aksara jawa

Kaligrafi di atas mengambil bentuk wayang Gareng yaitu salah satu punakawan. Tulisan yang digunakan ialah “sareh pakoleh,sapa temen tinemu”. Pepatah jawa ini mempunyai arti “barang siapa bersabar akan mendapatkan hasil dan barang siapa yang bersungguh-sungguh akan menemukan jalan”.

5. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Togog

kaligrafi bentuk togog

Bentuk Togog di atas dibentuk menggunakan tulisan Aksara Jawa yang berbunyi “satemene becik katitik ala ketara, sapa nandur bakale ngundhuh”. Tulisan tersebut bermakna “sesungguhnya kebaikan maupun keburukan pada akhirnya akan terungkap, siapa yang menanam akan menuai hasil”.

6. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Burung

kaligrafi aksara jawa

Kaligrafi di atas mengambil bentuk burung phoenix. Kalimat yang digunakan dalam kaligrafi tersebut adalah “urip ira neng donya ora suwe”. Artinya bahwa hidupmu di dunia ini tidaklah lama. Dalam pepatah jawa, kesementaraan hidup manusia digambarkan pepatah “urip kuwi mung mampir ngombe”. Kaligrafi berbenuk burung selengkapnya dapat dilihat dalam artikel “Kaligrafi Aksara Jawa bentuk Burung”.

7. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Ayam

kaligrafi aksara jawa

Kalirafi aksara bergambar ayam di atas bertuliskan “ana dina ana upa, ana awan ana pangan”. Pepatah jawa tersebut menggambarkan keoptimisan masyarakat Jawa dalam bekerja.

8. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Cakra

kaligrafi aksara jawa cakra

Kaligrafi sederhana di atas bertuliskan aksara jawa “cakra”

9. Kaligrafi Sederhana Aksara Jawa Bertuliskan Nama

contoh kaligrafi sederhana

Kaligrafi aksara jawa sederhana tersebut bertuliskan “Annisa”.

10. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Anjing

kaligrafi aksara jawa bentuk hewan

Kaligrafi aksara jawa berbentuk anjing di atas dibentuk dari tulisan yang dikutip dari paribasan / peribahasa jawa “asu belang kalung wang”.

11. Kaligrafi Sederhana Aksara Jawa Motif Ukir

kaligrafi aksara jawa ukiran

Kaligrafi sederhana aksara jawa ini mengambil bentuk ukiran daun. Aksara Jawa berbentuk ukiran ini merupakan pesanan salah satu produsen kaos di Yogyakarta.

12. Kaligrafi Sederhana Aksara Jawa

kaligrafi aksara jawa

Kaligrafi aksara jawa sederhana di atas hanya terdiri dari satu aksara, yaitu aksara swara “A”.

13. Kaligrafi Sederhana Aksara Jawa

kaligrafi aksara jawa

Kaligrafi simpel aksara jawa ini berbunyi “apa”.

14. Kaligrafi Aksara Jawa

kaligrafi aksara jawa

Kaligrafi ini bertuliskan “sangkan paran” yang kurang leih berarti “asal muasal dan tempat tujuan kembali”.

15. Kaligrafi Nama dalam Bentuk Bunga

kaligrafi aksara jawa bentuk bunga eni purwati

16. Kaligrafi Aksara Jawa Bentuk Bunga

17. Kaligrafi Nama dalam Aksara Jawa Bentuk Bunga

Ingin tahu bagaimana proses yang saya lakukan dalam membuat kaligrafi-kaligrafi di atas? Jawabannya ada dalam artikel “Cara Membuat Kaligrafi Aksara Jawa”.

Kamu ingin pesan kaligrafi custom dengan kata-kata atau nama yang Kamu tentukan sendiri? Hubungi WA/SMS di +6283840460580.

3 thoughts on “Contoh Kaligrafi Aksara Jawa dan Artinya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *