kaligrafi aksara jawa asu belang

Cara Membuat Kaligrafi Aksara Jawa

Dalam artikel ini saya akan sedikit menjelaskan cara membuat kaligrafi Aksara Jawa. Prosedur yang dipaparkan di sini merupakan cara yang biasa saya lakukan, mungkin ada perbedaan dengan cara yang dilakukan orang lain.

Sebelum menggambar kaligrafi Aksara Jawa ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, yaitu:

  1. Niat, kalau gak ada niat pasti hasilnya gak akan bagus. Meskipun yang sudah niat pun belum tentu hasilnya bagus.
  2. Bisa menulis Aksara Jawa. Ini merupakan syarat wajib karena kita gak mungkin bisa membuat kaligrafi tanpa bisa menulis rangkaian kata yang akan kita buat. Apabila belum bisa menulis Aksara Jawa silakan baca: Cara mudah belajar aksara Jawa.
  3. Ada alat dan bahan.
  4. Sing penting yakin.

Setelah syarat di atas terpenuhi, langsung saja dimulai proses pembuatannya, sebagai berikut.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan untuk Membuat Kaligrafi Aksara Jawa

gambar alat dan bahan untuk membuat kaligrafi aksara jawa

Alat dan bahan yang digunakan cukup sederhana saja seperti jaman kecil kita menggambar. Saya menggunakan kertas HVS kosong sebagai media gambar. Alat gambarnya ada sebuah pensil dan penghapus punya orang yang ketinggalan di tempatku serta sebuah pulpen yang tutupnya entah menghilang ke mana. Jika kamu ingin menggambar kaligrafi, alatnya tidak harus sama dengan yang saya sebutkan tadi.

2. Menentukan Kalimat yang Akan Digunakan

Kalimat yang saya gunakan untuk contoh kali ini yaitu peribahasa Jawa “asu belang kalung wang”. Arti perbiahasa tersebut silakan cari sendiri ya. Apabila bingung kalimat yang akan digunakan bisa melihat di artikel Contoh Paribasan Jawa Lengkap dan Artinya.

3. Menentukan Bentuk Kaligrafi

gambar sketsa bentuk kaligrafi

Langkah kedua dan ketiga ini sebenarnya bisa dibolak-balik. Kadang saya menentukan gambar dulu baru mencari-cari kalimat yang pas. Bentuk kaligrafi sih sebenarnya bisa mengambil bentuk abstrak tidak harus menyerupai sesuatu, tapi kali ini saya mengambil bentuk anjing. Gunakan pensil untuk menggambar sketsa tipis-tipis saja. Lihat contoh gambar sketsa yang saya buat di atas.

4. Mereka Kalimat Beraksara Jawa pada Gambar

contoh gambar reka aksara

Kalimat beraksara Jawa yang telah kita pilih kemudian direka sedemikian rupa agar memenuhi dan membentuk gambar yang diinginkan. Gunakan pensil tipis-tipis agar mudah dihapus. Kembangkan imajinasi untuk mereka bentuknya, semakin sering mencoba hasilnya kan semakin bagus.

5. Mempertebal Gambar dengan Pulpen

Gunakan pulpen untuk mempertebal dan mengeblok hasil reka aksara yang telah dibuat. Jangan lupa hapus sisa sketsa pensil agar terlihat lebih rapi. Gambar di atas memperlihatkan hasil kaligrafi yang telah saya pertebal.

5. Rapihkan Secara Digital

kaligrafi aksara jawa asu belang

Biasanya gambar yang sudah dipertebal akan saya foto untuk kemudian dijadikan vektor menggunakan corel draw. tujuannya adalah agar lebih mudah digunakan untuk membuat sablon hehe. Kaligrafi ini belum sempat saya rapihkan menggunakan corel, artikel ini akan diupdate segera setelah gambar divektorkan. Untuk melihat contoh yang sudah rapi bisa membaca artikel saya yang berjudul contoh kaligrafi aksara jawa.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Cara Membuat Kaligrafi Aksara Jawa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *